Apa itu remote working? Remote working adalah sebuah jenis pekerjaan yang dapat diselesaikan seseorang tanpa ada kewajiban untuk pergi ke kantor setiap hari nya. Dengan remote working, kita bisa bekerja dari mana saja, rumah, cafe. coworking space, dan tempat lain nya yang membuat nyaman para pekerja. Semenjak ada nya pandemi, muncul banyak budaya kerja yang salah satu nya adalah remote working. Budaya kerja remote working ini menurut sebagian orang dapat mempertahankan work-life balance dan dapat meningkatkan produktivitas kerja sehingga karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan nya dengan baik dan tepat waktu.
Remote working secara umum mempunyai tingkat fleksibiltas yang tinggi, seperti pekerja bebas mengatur waktu kerja nya sendiri sampai pekerjaan nya selesai dengan tuntas. Biasanya yang menggunakan sistem kerja remote adalah karyawan yang tinggal di negara berbeda. Contoh, kantor nya berada di Swiss tetapi ia bekerja secara remote dari Indonesia. Remote working banyak mengandalkan komunikasi tertulis dan tetap meeting online disaat ada pekerjaan yang sangat penting untuk dibahasa.
Setelah mengenal lebih jelas tentang remote wroking, berikut kelebihan dan kekurangan dari sistem remote working.
KELEBIHAN
Untuk sistem remote working, aturan 9-5 seperti kebanyakan kantor tidak berlaku. Kamu bisa bekerja bekerja sesuai keinginan mu tanpa ada aturan waktu clok-in dan clock-out. Dan kamu juga bisa bekerja dari mana saja dan di tempat manapun yang membuat mu nyaman.
Dengan remote working kamu bisa jadi hemat biaya transportasi karna tidak harus pergi ke kantor. Selain itu kamu juga bisa menghemat waktu dan tenaga yang biasa dihabiskan saat perjalanan pulang dan pergi kantor. Dengan begitu, kamu bisa mempunyai banyak waktu bersama keluarga, teman dan orang terdekat.
Dengan remote working, risiko stress bekerja akan lebih rendah dibandingkan setiap hari pergi ke kantor. Tidak ada kewajiban untuk datang tepat waktu, durasi istirahat yang singkat, dan larangan meninggalkan kantor. Selama pekerjaanmu selesai, kamu bisa bebas beraktivitas seperti biasa.
Karna tingkat stress yang rendah, dapat menjaga produktivitas kerja para karyawan dengan bebas memilih tempat dan suasana yang nyaman untuk memaksimalkan produktivitas.
Remote working memiliki banyak waktu fleksibel, maka dari itu bisa menciptakan dan meningkatkan work-life balance. Karna kita sendiri yang bisa menentukan kapan waktu bekerja, beristirahat, dan bersenang-senang.
KEKURANGAN
Akibat bekerja tanpa harus datang ke kantor menyebabkan jarang atau bahkan tidak mengenal teman satu kantor. Hal ini menguntungkan bagi orang yang lebih menyukai minim interaksi bersama orang. Karna ada nya minim komunikasi dan sosialisasi dengan sesama karyawan dapat menimbulkan miskomunikasi.
Jika di lingkungan kantor akan lebih mudah fokus karna karyawan semuanya sedang fokus bekerja. Sedangkan sistem remote working, banyak sekali distraksi yang akan dihadapi ketika sedang bekerja. Seperti, mencari hiburan singkat di jam kerja, durasi istirahat yang terlalu lama, dan distraksi lainnya. Dampak negatif nya membuat kita lebih mudah untuk menunda pekerjaan.
Sistem remote working sangat mengandalkan internet agar semua pekerjaan nya bisa berjalan dengan lancar. Jika internet mati atau gangguan, maka dapat mengganggu kelancaran dan produktivitas kerja.
Sistem remote working ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, maksud nya tidak semua pekerjaan bisa melakukan remote working. Sistem remote working hanya berlaku untuk bidang tertenu yang lebih banyak memanfaatkan komputer dan teknologi dalam pekerjaan nya.